Presentasi Dokuku

Cerita Mengenai Dokuku

Logo Dokuku
Logo Dokuku

Kelola Toko Anda Secara Online

Potensial Market
Indonesia


Indonesia merupakan potensi market salah satu terbesar di dunia dengan jumlah penduduk yang hampir melebihi 200 juta jiwa, menjadi daya tarik investor asing untuk menanamkan modalnya di indonesia. Namun siapa sangka dengan potensi sebesar itu masyarakat indonesia sendiri dalam menjalankan bisnisnya masih tergolong rendah dalam menggunakan teknologi sebagai sarana alat membantu proses bisnis, mereka lebih condong untuk menggunakan konsep tradisional yaitu secara manual.

Berdasarkan Riset yang dilakukan oleh Fandy di beberapa pasar yang ada di jakarta - Kenapa Jakarta? Jakarta dianggap sebagai kota yang perkembangan teknologinya cukup tinggi dibandingkan daerah lain, namun data ini tidak bisa dijadikan dasar patokan kenapa penyebaran proses ICT di Indonesia terbilang lambat. Namun data ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu analisa mengapa proses pengembangan ICT di Indonesia lambat.

Faktor-faktor itu antara lain sebagai berikut :

  1. Siapa Pemilik toko tersebut? Jika pemilik toko adalah seorang yang hanya menjalankan satu bisnis kemungkinan untuk melakukan perubahan dari sistem manual menjadi tersistem akan lebih sulit, alasannya adalah menurut mereka dengan secara manual mereka masih dapat mengelola toko dengan baik, dapat mengontrol kehilangan stock dan omset karena mereka mengawasi secara langsung. Di sisi lain hal ini juga disebabkan karena faktor effisiensi biaya yang harus dikeluarkan jika mereka menggunakan sistem dibandingkan jika masih dalam tahap proses manual.
  2. Di antara range umur berapa si pemilik toko? Jika pemilik toko adalah generasi tua, maka sudah dipastikan proses untuk beralih dari manual sistem ke otomatis sistem akan terasa sulit, selain faktor umur, simple dan kemudahan dalam berfikir secara manual lebih cepat dibandingkan menggunakan sistem. Tentunya hal ini akan lebih cocok bagi anak muda, yang lebih terbiasa menggunakan gadget atau perangkat mobile yang dapat membantu kinerja mereka dalam bertransaksi.
  3. Berapa banyak toko yang di miliki? Untuk pemilik toko yang masih memiliki satu toko lebih condong nyaman menggunakan manual sistem dibandingkan dengan otomatis sistem.

Alasan Menggunakan Dokuku

Bon Manual
Bon Manual
Di samping adalah contoh bon manual saat kita bertransaksi di salah satu toko. Proses pembuatan bon ini tentunya harus melakukan dengan teliti agar data yang dicatat tidak salah dan nilainya sesuai dengan harga yang ditentukan.

Tentunya bagi sebagian orang melakukan hal seperti itu tidaklah masalah, namun jika anda adalah restoran yang cukup ramai pengunjungnya dengan proses transaksi seperti ini tentunya akan berdampak kepada lamanya proses transaksi, sehingga pelanggan merasa lama menunggu. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu proses transaksi.

Proses Manual sebagai berikut :

  1. Mencatat Bon, menulis nama barang dan harga yang tertera
  2. Menghitung nilai total belanja dengan kalkulator
  3. Menerima uang, dan memberikan kembalian
  4. Mensummary seluruh transaksi ke buku penjualan



Tinggalkan Cara Manual Dalam Mengelola Toko


Pos Android
POS Android
Perangkat diatas adalah contoh perangkat Point Of Sales berbasis android dengan harga yang terjangkau dapat membantu mengelola usaha anda dengan baik dan tersistem, sehingga proses manual dapat diminimalisir sehingga fraud yang terjadi dapat dikurangi. Temen-temen juga dapat menggunakan perangkat seperti ini untuk membantu proses operasional
Pos Destop
Pos Destop

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com