Penjualan - Dokuku (1)

Flow Sistem Penjualan di Dokuku

Penjualan - Dokuku
Penjualan - Dokuku
Untuk menggunakan modul penjualan dari dokuku ini teman-teman harus memastikan bahwa data pelanggan dan data produk telah di inputkan ke dalam sistem dokuku ini. Ribetkah memasukan data-data tersebut ke dalam sistem dokuku? Belum di coba jangan pernah berfikir ribet donk :) nih langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Itu kan ada gambar icon pelanggan, klik gambar tersebut

List Pelanggan
List Pelanggan

Disamping itu adalah contoh list pelanggan yang telah di input ke dalam sistem dokuku.

Kemudian bagaimana cara mendaftarkan pelanggan baru, simple ko caranya. Anda tinggal klik tombol tambah di sebelah kiri tampilan dari list pelanggan ini, seperti ini ya tombolnya

Tambah pelanggan Dokuku
Tambah pelanggan Dokuku


Setelah tambah pelanggan di klik maka langkahnya sebagai berikut :
Input data pelanggan dokuku
Input data pelanggan dokuku
Isikan seluruh informasi diatas dengan tepat agar proses penjualan anda menjadi lebih baik dan tepat sasaran. maksudnya bagaimana sih?
  1. Data Pelanggan, isikan seluruh informasi dengan tepat
    1. siapa nama pelanggan, gunakan selalu nama yang tertera di dalam KTP kenapa, pasti agar jelas siapa pelanggan anda tersebut
    2. Mata Uang, gunakan mata uang yang dominan di negara anda.
    3. Jangka pembayaran, jika anda memberikan jangka pembayaran 90 hari maka anda akan memberikan kesempatan kepada pelanggan tersebut untuk tidak melunasi tagihannya selama 90 hari, jadi pikirkan baik-baik dalam penerapan jangka pembayaran ini karena pastinya akan mempengaruhi cash flow usaha anda.
  2. Alamat Penagihan, Isikan seluruh informasi didalam alamat penagihan ini dengan tepat, jika ternyata alamat pengiriman berbeda, maka centang perbedaan alamat pengiriman kemudian isikan informasi dengan tepat. Kesalahan pengiriman karena alamat yang tidak jelas akan memberikan image yang buruk terhadap kualitas pelayanan usaha anda.
  3. Informasi Diri, Isikan seluruh informasi dengan tepat agar kontak yang tercatat benar dan jika ada tagihan yang sudah jatuh tempo maka anda dapat menghubungi pelanggan tersebut.
  4. Batasan Kredit, berikan batasan kredit agar pelanggan anda tidak terlalu sering membeli barang anda secara kredit.
  5. Tambahan Rincian, jika masih terdapat kekurangan informasi maka anda dapat mengisikan di dalam kolom ini seperti No NPWP Pelanggan, No Perusahaan Pelanggan dan sebagainya.
Nah apakah dengan menyiapakan data ini kita sudah dapat melakukan penjualan? saya akan jawab dengan pertanyaan lainnya, apakah anda sudah mendaftarkan produk yang akan anda jual? jika sudah maka anda dapat melakukan proses penjualan, jika belum apa yang mau kita jual bro :)

Tunggu di artikel selanjutnya ya "Mendaftarkan produk anda di dokuku"

Dokuku aplikasi point of sales berbasis cloud yang di design oleh inforsys indonesia


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com