Ingat Pesan Om Bob Sadino

Bob Sadino
Bob Sadino

Bob Sadino wafat pada 19 Januari 2015, karena komplikasi penyakit. Pebisnis nyentrik yang berpakaian “dinas” kemeja dan celana pendek ini mewarisi inspirasi bisnis yang bisa kita ambil. Pengusaha bernama asli Bambang Mustari Sadino ini sering melontarkan kata-kata “nyeleneh” soal bisnis. Idiom pintar dan goblok sering dikatakan oleh Bob untuk memberikan motivasi. Berikut ini beberapa kutipan kata yang menurut saya sangat menarik untuk di ingat dan diterapkan dalam kehidupan kita, yaitu sebagai berikut :
  1. Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan mungkin terlalu banyak ide. Sehingga tidak satu pun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang bodoh mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya.
  2. Banyak orang bodoh yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras, plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi, kebanyakan orang pintar malas untuk berkerja keras dan sok cerdas.
  3. Sebagian besar orang pintar sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi, sampai break event point. Orang bodoh tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.
  4. Orang pintar merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya, termasuk mendapatkan hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang bodoh merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.
  5. Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang, sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan, kecuali mengalahkan hambatan tersebut.
  6. Orang pintar sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah oke berkat kepintarannya, sehingga mengabaikan suara konsumen. Orang bodoh? Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya.
  7. Orang pintar menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.
  8. Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi seringkali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir sederhana, yang penting produknya terjual.
  9. Orang pintar dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain, karena punya banyak kemampuan dan peluang. Orang bodoh mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.
  10. aya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.
  11. Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.
  12. Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar.
  13. Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah.
  14. Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan”
  15. Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses bisa bisa bayar pelamar kerja.
  16. Bagaimana cara penjualan yang efektif? dari sesuatu yang tidak effektif kalau tidak salah ingat beliau pernah berkata begitu, atas pertanyaan saya di twitter

Nah itu sebagian pesan yang pernah om bob katakan, semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com