Cari Tau Yuk Kenapa Dokuku Disebut Aplikasi Online

Dokuku Aplikasi Online

Aplikasi Online
Aplikasi Online
Aplikasi yang di design mampu berjalan di web browser, sehingga tidak memerlukan installasi dalam penggunaannya, jadi apakah Dokuku ini termasuk web based, jawabannya adalah betul. Dokuku merupakan solusi atas kebutuhan sebuah aplikasi dengan harga terjangkau namun memiliki fungsi yang lengkap seperti ERP. Apa saja sih modul-modul dari Dokuku ini :
  1. Ada Modul Penjualan, fungsi untuk apa? nah disini modul penjualan dapat membantu teman-teman yang memiliki usaha yang memerlukan mencetak tagihan karena proses penjualan tidak mengandalkan penerimaan uang secara tunai, melainkan butuh 14 hari, 30 hari bahkan ada yang sampai 90 hari dalam memberikan kreditnya.
  2. Ada juga Modul Point Of Sales, ini apa bedanya dengan modul penjualan? kalau tadi saya mengatakan bahwa modul penjualan di khususkan untuk memberikan kredit alis penjualan non tunai atau penjualan yang sifatnya tidak cash maka point of sales dokuku bersifat tunai dalam pembayarannya. Masih bingung, tau kasir yang tugasnya menerima uang dari pelanggan secara tunai nah point of sales itu adalah tools yang disediakan dokuku untuk membantu kasir dalam mengelola uang yang diterima dari pelanggan, jadi kasir tinggal pilih barang apa yang dijual kemudian masukan uang yang diterima, kasih kembalian jika ada kemudian simpan dan cetak struk, selesai deh.
  3. Ada Penjualan Pasti ada Barang yang dijual, nah ini disebut Modul Persediaan. Modul ini fungsi untuk mendaftarkan produk yang akan kita jual serta mengontrol jumlah stock yang tersedia di gudang. kenapa mesti di kontrol? Jawabannya ya jangan sampe pembeli banyak yang order ternyata barangnya kosong karena kita lupa beli stock :)
  4. Kalau ada Barang pasti ada asalnya tuh barang kan, maka disebut Modul Pembelian. Nah di modul ini kita mencatat prilaku kita dalam membeli barang untuk stock, kapan hutang kita jatuh tempo atau kapan kita harus bayar hutang di modul ini semuanya dikelola. Jadi jangan khawatir kita kelupaan bayar hutang akhirnya kena bunga atau dikejar-kejar debt collector, amit-amit ya jangan sampe loh :D
  5. Masih Mau tau lagi apa aja sih yang ada di Dokuku. Sabar atuh dikit-dikit aja lah bahasnya :) otak ku cape nulisnya, hahahaha :) tunggu aja kabar-kabar selanjutnya ya...

Pertanyaannya loh kenapa tidak dishare semua modulnya Dokuku?

Cari Tau Yuk Kenapa Dokuku Disebut Aplikasi Online - Inget kan judul artikel ini adalah tuh disebelah saya tulis lagi. kalau saya tulis semua modul jadi ga cocok donk dengan judul artikelnya.. nah kali ini saya mau share kenapa si Dokuku ini bisa disebut aplikasi online?

Berikut adalah kata kuncinya kenapa bisa disebut aplikasi online, menurut siapa nih? lah yang nuliskan saya >> sifandy <<  jadi sebagai berikut :
  1. Semua yang bisa di jalankan di web browser itu disebut aplikasi online, walau pun saya bisa bilang kalau menggunakan htdocs dan xampp kan itu bisa jalan di lokal, betul namun dia tetap menggunakan web browser untuk mengakses aplikasi tersebut. Online itu kan terhubung dengan koneksi internet sehingga dapat diakses dari mana saja! Setuju, bagi yang tidak setuju ya maaf deh :) saya ga peduli :D
  2. Aplikasi Online tidak perlu Investasi server, nah ini tergantung dari mana kita melihatnya. Jika melihat dari sisi pengguna ya memang tidak perlu investasi server, ko bisa sih? ya liat aja noh facebook, twitter, google, dan sebagainya kan kita tinggal akses dari web browser maka selesai deh urusan. Tidak perlu setting serverm Tidak perlu install aplikasi selesaikan masalah. Kalau dari sisi penyedia jasa layanan ya pasti donk :)
  3. Jika listrik mati apakah masih bisa akses dokuku? Jawabannya Bisa donk, asal temen-temen pergi ke tempat yang ada listriknya dan ada internetnya kemudian akses dari web browser dan mulai lagi gunakan tuh aplikasi. Inget loh harus cari tempat yang ada listrik dan internet.
  4. Sebenernya database dokuku ini ada dimana sih, Nah database dokuku ada di server dokuku, servernya tuh ada di data center, data center siapa? ya data center siapa saja yang menyediakan jasa penitipan server, seperti telkom di sigma, IDC Duren Tiga, Cyber, Moratel, dan sebagainya, mereka itu siapa? wah ini lama jelasinnya.. pokoknya mereka adalah salah satu penyedia jasa penitipan server.
  5. Menggunakan perangkat apa saja jika ingin membuka dokuku ini? Kalau punya komputer PC bisa, punya laptop bisa, Punya gadget bisa. Pake Google Glass nah ini saya belum coba, ada yang bisa saya pinjam :)
Oh ya saya mau share juga ilustrasi konsep jaringan dari sistem dokuku (aplikasi online) dibawah ini
Dokuku Jaringan
Dokuku Jaringan




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com