5 Langkah Cepat Menggunakan Dokuku

Retail Management - Dokuku, bagi orang awam menggunakan teknology untuk keperluan pengelolaan toko bisa menjadi sangat merepotkan karena tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang memadai untuk memproses kegiatan tersebut. Berbagai metode pun sudah dilakukan dari melihat video, membaca manual book dan pelatihan, namun proses implementasi yang dianggap efektif oleh para pelaku bisnis adalah dengan melakukan training on site alias training di tempat bisnis mereka.

Oleh karena itu, saya mencoba untuk membuat sebuah panduan 5 langkah cepat menggunakan dokuku, harapannya adalah dengan melihat ilustrasi proses ini maka setiap user dapat dengan segera dan cepat memahami bahwa proses penggunakan aplikasi android dokuku ini tidaklah sulit, melainkan sangat mudah.

Apa Saja 5 Langkah Cepat Menggunakan Dokuku Tersebut?

1. Registrasi (Pendaftaran)

Saya rasa proses ini tidaklah sulit, karena hanya mengisikan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk berlangganan aplikasi android dokuku. silahkan isi dengan benar seluruh informasi yang dibutuhkan, terutama email dan nomor handphone atau telphone yang dapat dihubungi.

2. Persiapan Data Group dan Data Produk

Tujuan dari penggunakan aplikasi android dokuku itu apa sih? pastinya untuk mencatat setiap transaksi penjualan dan pembelian atas produk yang kita miliki. 

Produk itu apa sih? Barang atau jasa yang kita miliki untuk dijual kembali ke pelanggan, proses untuk mendapatkan produk atau jasa itu ada yang sifatnya produksi, trading atau service. semua itu tentunya akan mempengaruhi jumlah stock karena adanya proses masuk (pembelian, produksi) dan proses keluar (penjualan)

Untuk itu, dalam memulai menggunakan aplikasi kasir android dokuku ini, setelah proses registrasi langkah ke dua adalah dengan mendaftarkan :
  1. Group : sebagai pengelompokan produk sesuai dengan jenisnya
  2. Produk : pendaftaran produk atau jasa apa saja yang akan kita tawarkan ke pelanggan.

3. Installasi Aplikasi POS Windows atau Android dan Transaksi Penjualan

Untuk melakukan transaksi penjualan sesungguhnya dokuku telah menyiapkan 3 alternatif proses penjualan yaitu :
  1. Penjualan dengan kasir dapat menggunakan komputer yaitu dengan POS Windows
  2. Penjualan dengan kasir dapat menggunakan tablet android yaitu dengan POS Android
  3. Penjualan dengan web based yaitu dengan Invoice

4.  Laporan Penjualan dan Stock

Efek terjadinya transaksi penjualan dengan metode yang telah disebutkan diatas adalah 
  1. Terdapat laporan pemasukan atau laporan penjualan yang dapat kita pantau melalui laporan kasir dan laporan penjualan secara keseluruhan
  2. Terjadinya penjualan otomatis mempengaruhi ketersediaan jumlah stock, hal ini tentu akan membuat stock menjadi minus jika kita sebelumnya tidak melakukan proses pembelian.

5. Silahkan Melakukan Analisa Bisnis Anda

Analisa Penjualan
Tujuan utama penggunaan sistem adalah untuk membantu anda dalam melakukan analisa bisnis, apakah bisnis anda mengalami laba atau kerugian, apakah bisnis anda dapat dikembangkan atau diperluas lebih jauh atau bisnis anda harus melakukan effisiensi. Untuk itu semua diperlukan sebuah tools yang dapat membantu anda melakukan analisa tersebut.
Analisa Penjualan di setiap outlet
Proses analisa dapat dilakukan melalui :
  1. Perkembangan omset usaha perhari, mingguan, bulanan dan tahunan, dengan melihat trend penjualan dapat dilihat prilaku pasar terhadap produk yang anda tawarkan.
  2. Perkembangan sebuah produk juga dapat dipantau dari penjualan produk tersebut, apakah produk tersebut diminati oleh pasar atau tidak, dengan memperoleh informasi tersebut, tentunya anda dapat memprediksi perkembangan dari produk tersebut atau keputusan terburuknya adalah dengan mengganti produk tersebut dengan produk yang dibutuhkan oleh pasar.
  3. Dengan trend penjualan juga dapat melihat perkembangan pasar anda, dari setiap wilayah penjualan anda, tentunya terlihat perbedaan pendapatan di satu masa periode transaksi, hal ini tentu memberikan indikasi kenapa perkembangan bisnis diwilayah tersebut cepat dan lambat.
Nah demikianlah 5 langkah cepat menggunakan aplikasi kasir android dokuku, sebuah solusi tepat dalam membantu mengembangkan bisnis anda untuk mendunia. semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk dishare ya :) 

sukses selalu untuk kita semua

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com