10 Tips Strategi Promosi Efektif yang Belum Anda
Ketahui
Dalam memasarkan produk dari suatu brand,
Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan strategi
promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan pada bisnis Anda. Bukan
hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan Anda dan juga mendulang brand awareness ketika strategi promosi dijalankan.
Untuk mencapai itu semua, simak 10 tips dari strategi promosi bisnis berikut
ini :
1.
Gunakan Media Sosial
Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu
hal yang wajib dimiliki brand Anda.
Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat melakukan
strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan
juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan
menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih
personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.
2.
Adakan Lomba
Siapa sih yang tidak suka
menjadi pemenang? Tentu saja semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh
karena itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam
salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang
baik. Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang
akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
3.
Bagi-bagi Produk
Jika brand Anda sedang ingin memperkenalkan
produk atau varian baru dari produk yang pernah dikeluarkannya, maka salah satu
strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk
langsung kepadatarget market. Pembagian
produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
4.
Mendata Pelanggan/Target
Market
Mengumpulkan data
pelanggan merupakan kegiatan yang kami rekomendasikan. Pada saat proses
perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data
pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi
promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.
5.
Berikan Insentif untuk
Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi
pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya
untuk menggunakan produk dari brand yang
Anda pasarkan. Insentif dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon
diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri. Dengan cara tersebut,
pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk
merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi
promosi yang jitu!
6.
Tempatkan Produk di
Tempat yang Tepat
Penempatan produk yang
baik adalah penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan.
Anda bisa saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk
lain yang merupakan komplementer dari jenis produk yang Anda jual. Anda juga
bisa menempatkan produk yang Anda pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah
untuk ditemukan. Dengan memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini
menjadi strategi promosi
yang jitu, bukan?
7.
Lakukan Kegiatan
Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)
Salah satu strategi
promosi lainnya adalah dengan menunjukkan rasa peduli brand terhadap isu di sekitar masyarakat/target market yang biasa ditunjukkan melalui
kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)
sambil mempromosikanbrand atau roduk teretentu yang ingin
dipromosikan. Dengan kegiatan ini,brand Anda akan mendapatkan label baik dan
disukai oleh masyarakat.
8.
Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan
strategi promosi, Anda boleh menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender
dan merchandise lainnya) yang telah diberikan label
berupa logo brand Anda sehingga ketika barang promosi
tersebut digunakan oleh seseorang, maka barang tersebut telah mengingatkan
orang disekitarnya untuk menggunakan produk dari brand tersebut.
9.
Susun Acara untuk
Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi
para pelanggan setia produk yang akan Anda promosikan. Susunlah acara yang
menarik, banyak hadiah dan tanpa ada standuntuk berjualan serta tanpa harus
memaksa para peserta membeli apa pun pada acara tersebut. Dengan strategi
promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas
dari peserta acara
tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.
10.
Lakukan Survey Pembeli
setelah Penjualan
Untuk meningkatkan
kualitas produk yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi
Anda untuk melakukan survey pada
setiap pelanggan setelah penjualan. Anda bisa melakukannya di tempat, melalui
telepon maupun melalui email. Tetunya strategi promosi berbentuk survey ini mempermudah pelanggan untuk
menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang
digunakan/dikonsumsi.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan