Apa sih Dokuku itu?

Online Shop
Online Shop
Banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan ke penulis apakah dokuku itu mirip dengan Lazza.com, Tokopedia.com atau bukalapak.com jawabannya adalah tidak mirip sama sekali. Lalu apa sih dokuku itu? Dokuku itu adalah sebuah solusi untuk mengelola toko secara online.

Apa sih yang dikelola oleh toko?

  1. Toko memerlukan sebuah solusi yang jitu untuk mengontrol peredaran stok barang yang akan dijual, tentunya anda dapat bayangkan jika stok anda memiliki jumlah yang besar dan peredaran stok tersebut lambat dan bahkan sangat lambat, hal ini tentu akan berdampak kepada biaya yang harus anda keluarkan untuk merawat stok tersebut. Bahasa jelasnya adalah barang yang anda jual tidak terlalu laku dipasaran sehingga peredaran stok ini menjadi lambat.
  2. Dampak lambatnya peredaran stok adalah omset yang anda peroleh menjadi menurun. Dengan omset yang menurun ini tentu akan berdampak kepada pembayaran biaya operasional toko, oleh karena itu diperlukan sebuah analisa yang serius. Simplenya adalah dengan memperoleh peredaran stok lambat yang menyebabkan omset turun, tentunya anda akan berfikir ulang apakah 
    • Apakah produk yang anda jual merupakan produk unggulan, atau produk yang dibutuhkan oleh orang banyak atau memang ini produk khusus sehingga hanya orang-orang atau market tertentu yang membutuhkan.
    • Jika anda telah berhasil menganalisa kebutuhan produk, langkah selanjutnya adalah lokasi, apakah anda telah menetapkan lokasi yang tepat untuk membuka toko disitu, apakah lokasi ini menunjang market yang anda tuju?
    • Jika pertanyaan pertama dan kedua telah sesuai menurut anda, maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah service atau pelayanan yang anda berikan telah maksimal atau belum?

Buat Apa Mengelola Toko Sistem (otomatis)?

Pengelolaan toko secara tradisional atau manual memang tidak salah, namun mengelola toko dengan sistem pastinya akan memberikan manfaat yang luar biasa dalam mengelola toko, berikut adalah daftar perbedaan pengelolaan toko secara tradisional dengan otomatis sistem.
Perbedaan Mengelola Toko Manual VS Sistem (Otomatis)
Setelah melihat perbedaan tersebut, apa yang ada dibenak anda? apakah masih ingin mengelola toko atau bisnis anda dengan cara manual? jika iya, maka itu adalah hak anda sebagai pemilik usaha, anda hanya kehilangan kesempatan untuk mengelola toko anda secara professional lebih awal dan tentunya anda kehilangan kesempatan untuk membuat bisnis anda menjadi lebih besar.

Dokuku
Dokuku

Lalu apa itu dokuku?

Dokuku itu adalah sebuah sistem yang kami bangun untuk mensolusikan permasalahan yang terjadi di setiap toko, yaitu :

1. Kehilangan stok barang 

Pengelolaan toko yang manual tentunya dalam proses pengawasan tidak bisa 100% anda kontrol, ada saat dimana anda lengah maka proses kehilangan stok tersebut menjadi lebih besar. Dengan menggunakan sistem dokuku, barang saat pertama kali masuk ke dalam toko akan langsung diinputkan ke dalam sistem, begitu pula saat barang terjual akan diinputkan ke dalam sistem, sehingga proses pengawasan dapat dilakukan bertingkat yaitu :
  1. Saat barang Masuk ke toko (pembelian)
  2. Saat barang keluar toko (penjualan)
  3. Saat tutup toko (stock card - Laporan stock)

2. Kehilangan uang hasil penjualan

Anda melihat stok cepat sekali habis, namun uang yang anda peroleh rasanya tidak maksimal, anda membutuhkan waktu berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk menemukan apa penyebab terjadinya kehilangan uang omset penjualan ini, saat anda menyadarinya waktu telah berlalu dan kesempatan anda untuk membesarkan bisnis telah terlambat. 

Dengan menggunakan sistem dokuku, anda tidak perlu khawatir kehilangan uang hasil penjualan stok anda, karena dari mana pun anda berada tetap dapat mengontrol dan mengawasi bisnis anda, sehingga saat anda melihat jumlah yang anda lihat didalam sistem dengan jumlah yang disetorkan kepada anda berbeda maka disaat itulah anda dapat mengambil keputusan untuk menyelamatkan bisnis anda.

3. Kehilangan pelanggan

Pelanggan anda berlimpah, namun stok anda kurang, tetapi anda tidak dapat memprediksi trend penjualan anda hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, tahun demi tahun. Tentunya ini akan memiliki dampak yang sangat besar terhadap pelanggan anda. Ketidakmampuan anda dalam mengambil keputusan dalam penyediaan stok tentunya akan berdampak kepada kepuasan pelanggan. Namun disisi lain jika salah dalam pengelolaan stok juga akan berdampak kepada kerugian.

Hal tersebut yang tidak mampu dikelola secara manual, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu memberikan kenyamanan kepada anda dalam mengelola stok dan dokuku solusinya. Tentunya tidak mungkin anda menyediakan stok ayam yang berlimpah padahal permintaannya rendah, dan melewati kesempatan menyediakan stok daging karena ketidaktahuan anda akan informasi permintaan.

4. Tunggakan hutang yang belum dibayar kepada supplier

Dan alasan terakhir kenapa anda harus menggunakan sistem adalah mengelola hutang, kebutuhan informasi yang akurat mengenai kapan waktu pembayaran, kapan jatuh tempo dari tagihan anda tentunya dapat membantu anda dalam mengelola arus kas operasional usaha anda.

Tanpa sistem, anda harus mengingat-ingat waktu pembayaran, sehingga saat jatuh tempo anda salah dalam menggunakan alokasi dana yang tersedia sehingga dampaknya adalah
    1. Kehilangan kepercayaan suplier anda berdampak kepada
    2. Kesulitan dalam memperoleh stok yang anda butuhkan sehingga menyebabkan
    3. Kehilangan pelanggan anda, yang akan mengakibatkan bisnis anda
    4. Bangkrut deh
Nah itu sekelumit cerita mengenai apa sih dokuku itu? sebuah cerita yang mudah-mudahan dapat membantu anda mengenal lebih jauh manfaat dari dokuku. semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com